07 July 2014

The Fall of Five



Judul Buku: The Fall of Five
Pengarang; Pittacus Lore
Penerjemah: Nur Aini
Tebal: 452 halaman
Cetakan: 1, Februari 2014
Penerbit: Mizan Fantasi





Setelah pertarungan melawan Mogadorian dengan pemimpinnya, Setrákus Ra, di New Mexico, para Garde berkumpul di apartemen mewah Nomor Sembilan di John Hancock Center, Chicago. Di sana mereka berlatih untuk menghadapi pertarungan selanjutnya. Hal pertama yang akan mereka lakukan adalah mengumpulkan kekuatan, dan itu berarti menemukan Nomor Lima, Garde yang belum mereka kenal.

Mereka menemukan Nomor Lima di Fouke, Arkansas. Nomor Lima ternyata bukanlah seorang gadis seperti yang disangka Marina (Nomor Tujuh) atau Henri (Cêpan Nomor Empat). Nomor Lima adalah seorang pemuda bertubuh gempal yang memiliki Pusaka bisa terbang dan meniru sifat dari benda apa pun yang dipegangnya (Externa). Ia tidak menyenangkan dan mudah tersulut emosinya dengan keblakblakan Nomor Sembilan yang berengsek.

Sementara para Garde berlatih, Ella belum bisa melepaskan diri dari mimpi-mimpi buruknya yang mendatanginya sesudah pertarungan di New Mexico. Ia mendapatkan visi apa yang akan terjadi di masa depan, hal yang menimbulkan ketakutan dalam dirinya. Sewaktu bertarung dengan Setrákus Ra, John menduga Ella mendapatkan Pusaka baru. Ella mampu menyakiti Setrákus dengan potongan besi yang dilemparkannya pada pemimpin Mogadorian tersebut dan mengaktifkan kembali Pusaka para Garde. Tapi, sebuah keanehan terjadi. Ketika suatu kali Ella mencengkeram pergelangan tangan John, pemuda itu terpuruk ke dalam ketidaksadaran. Itulah yang menyebabkan John tidak bisa ikut ke Everglades untuk mengambil peti Loric Nomor Lima. Untunglah selain Sarah, ada Sam dan ayahnya, Malcolm Goode, yang bisa mengawasi Ella dan John sementara para Garde yang lain pergi.

Sebelumnya, Sam dan Malcolm telah bebas dari tawanan Setrákus Ra. Bukan Garde yang membebaskan Sam dan Malcolm. Adamus Sutekh, putra seorang jenderal Mogadorian, yang datang membebaskan Malcolm. Setelah itu, keduanya pergi membebaskan Sam. Sayangnya, Sam dan Malcolm terpisah dari Adam. Saat pergi ke Arkansas begitu menemukan pesan daring Nomor Lima, Sam dan Malcolm bertemu dengan para Garde yang datang mencari Nomor Lima.

Sesudah Jobie Hughes hengkang dari proyek penulisan seri The Lorien Legacies ada keraguan dalam benak saya pada kelanjutan kisah para Garde. Bisakah penerusnya melanjutkan kisah yang diawali Hughes, tidak menyebabkan inkonsistensi, dan mampu menghasilkan kisah yang menumbuhkan kepenasaranan pembaca? The Fall of Five menjadi salah satu bukti kalau penerusnya berhasil. Kisah para Garde berlanjut, tidak ada inkonsistensi karakterisasi, dan kita semakin terdorong untuk mengikuti perjuangan mereka. Apakah para Garde bisa menaklukkan keangkaramurkaan Setrákus Ra dan membangkitkan kembali Lorien? The Fall of Five memang belum memberikan jawaban. Tapi ada optimisme akan kebangkitan kembali Lorien dengan terasahnya kemampuan para Garde dan keberadaan peti Loric mereka yang menyimpan Batu Phoenix yang diambil dari jantung Lorien. "Saat dikembalikan ke planet kalian, benda itu akan memacu ekosistem. Aku yakin saat ini kalian masing-masing memiliki peralatan yang dapat menghidupkan kembali planet kalian," kata Malcolm (hlm. 199). Pengungkapan Malcolm mengenai misteri peti Loric milik para Garde melahirkan gagasan untuk mengambil peti Loric Nomor Lima di Everglades, Florida. Gagasan yang berakhir menjadi salah satu petaka  dalam sejarah perjuangan para Garde. 

Sejak awal, kita sudah disuguhi ketegangan, yang sedikit demi sedikit mengalami ekskalasi hingga mencapai kulminasinya di penghujung novel ini. Mengapa para Mogadorian seakan-akan tidak mengalami kesukaran untuk menemukan para Garde dan menciptakan ketegangan? Ada pengkhianat, itulah sebabnya. Salah satu dari Garde berkhianat, dan pengkhianatannya akan membuat satu Garde yang lain menemui ajalnya. Setelah berada di Bumi, ternyata, tidak semua Garde memiliki optimisme akan perjuangan dan kebangkitan kembali Lorien. Pengungkapan yang dramatis, yang mungkin sebelumnya, tidak pernah terpikirkan.

Untuk pertama kalinya, Adamus Sutekh atau Adam, diperkenalkan dalam seri The Lorien Legacies (bukan The Lost Files). Kemunculannya menimbulkan paranoia dalam diri para Garde, tapi Adam mempunyai alasan sendiri memihak mereka. Seberapa besar peranannya dalam membantu para Garde, masih menjadi tanda tanya.

Bagian yang paling mencetus rasa penasaran mungkin terkait dengan Ella. Misteri yang menyelubungi kehidupannya memang telah diungkapkan, tapi belum sepenuhnya. Mengapa mimpi-mimpi buruk itu mengunjunginya? Mengapa ia sanggup menyakiti Setrakus Ra? Mengapa pula dengan mencengkeram pergelangan tangan ia mampu memingsankan John? Kita perlu bersabar menunggu pengungkapan seutuhnya misteri kehidupan Ella dalam novel berikutnya.

Menjawab pertanyaan yang timbul saat membaca novel-novel The Lorien Legacies sebelumnya mengenai penampilan Mogadorian, melalui Malcolm Goode diungkapkan ada 2 jenis Mogadorian: Mogadorian-biakan (vatborn) dan Mogadorian-sejati (Trueborn). Mogadorian-biakan dibentuk melalui teknik rekayasa genetika, dikembangbiakkan hanya untuk membunuh, mudah dibedakan dari manusia karena buruk rupa, dan merupakan jenis prajurit Mogadorian yang bisa dibuang begitu saja. Mogadorian-sejati adalah mereka yang memegang kekuasaan dan berpenampilan seperti Adamus Sutekh.

Tetap saja ada yang mengganjal mengenai Pittacus Lore. Membaca Surat dari Tetua Lorien (buku pertama, I am Number Four) kita mendapat informasi tetua terkuat Lorien ini masih hidup, dan dialah yang menyampaikan kisah para Garde dalam The Lorien Legacies. Ia pernah disebutkan sedang bersembunyi di Bumi untuk mempersiapkan pertempuran melawan Mogadorian. Tapi dalam novel ini terungkap jika Pittacus Lore sudah mati. Ia tiba di Bumi dan meminta pertolongan Malcolm dalam keadaan terluka. Kalau Pittacus Lore sudah mati, mengapa nama pengarang (Pittacus Lore) tidak diubah?

Ada romansa yang dimunculkan dan lebih terasa dibandingkan novel-novel sebelumnya. Kemunculan kembali Sarah mau tidak mau menciptakan kecanggungan dalam hubungan John dengan Nomor Enam. Bagaimanapun, John pernah mencium Nomor Enam dan tampaknya Nomor Enam menyukainya. Untunglah Sam muncul kembali juga sehingga John seakan-akan mendapatkan solusi bagi cinta segitiganya. Sam sangat menyukai Nomor Enam dan John mengarahkannya kepada Nomor Enam. Selain itu, ada hubungan manis yang berkembang di antara Marina (Nomor Tujuh) dan Nomor Delapan. Salah satu dari romansa tersebut akan berakhir menyedihkan.

Novel ini dilengkapi dengan The Lost Files. The Last Days of Lorien, The Search for Sam, dan The Forgotten Ones. Ketiganya merupakan prekuel yang menjadi pelengkap bagi kisah utama dalam The Lorien Legacies. Hanya saja, judul ketiga The Lost Files ini bisa dibilang menyesatkan karena tidak sesuai dengan isi ceritanya.

Menyusul The Fall of Five, kita akan mengikuti petualangan para Garde dalam sekuel berjudul The Revenge of Seven. Novel ini direncanakan akan terbit pada bulan Agustus 2014. 


2 comments:

Pramesti Kirana said... Reply Comment

kak.. ditunggu yang The Revenge of Seven ya :D terimakasih

PAK WAWANG DI BALI said... Reply Comment

Pengakuan tulus dari pak wawang dari bali
kemarin saya hampir pinsang
atas angka yang diberikan AKI DARMO
kemarin saya menang 200.juta
atas kemenangan TOGEL putaran
TOTO 4D ini semua bantuan
AKI DARMO baru kali ini
saya merasakan yang namanya
kemenangan hutang2
saya semua pada lunas dan
saya ada rencana membuka
usaha
sekali lagi terima kasih
banyak AKI DARMO bagi saudarah2
ingin merubah nasib seperti saya
terutama yang punya hutang
sudah lama belum terlunasi
ini solusi yang sangat tepat
jangn buan kesempatan karna
kesempatan tidak akan datang kedua kali
lansung hubungi AKI DARMO
di nomor hp: (-082-310-142-255)
ini kisah nyata dari saya
tampah rekayasa atau silahkan
anda buktikan sendiri..

BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RITUAL
AKI DARMO DI JAMIN 100% TEMBUS

angka:GHOIB: singapura
angka:GHOIB: hongkong
angka:GHOIB; malaysia
angka:GHOIB; toto magnum
angka:GHOIB; laos?
angka:GHOIB; macau
angka:GHOIB; sidney
angka:GHOIB: vietnam
angka:GHOIB: korea
angka:GHOIB: brunei
angka:GHOIB: china
angka:GHOIB: thailand
DAN LAIN-LAINNYA ATAU KETIK http//suhuacay.blogspot.com

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger
 

Blog Template by Blogger.com

Author: Jody Setiawan