25 December 2013

The Christmas Secret




Judul Buku: The Christmas Secret
Pengarang: Donna VanLiere (2009)
Penerjemah: Sophie Febriyanti
Tebal: 304 halaman
Cetakan: 1, 2012
Penerbit: Gradien Mediatama




Setiap batu di jalanan bisa memperbaiki hidup kita tetapi kita mungkin akan sedikit kotor dan berlumpur sebelum itu terjadi. (hlm. 12)








Christine Angela Eisley telah menjadi ibu dari dua orang anak dan orangtua tunggal pada umur 27 tahun. Ia berpisah dari suaminya, Brad Eisley, tidak mendapatkan biaya santunan bagi anak-anaknya, dan harus bekerja sebagai pelayan restoran untuk membiayai keluarga dan mempertahankan anak-anaknya. Setelah berpisah, Brad terus berusaha merebut Zach dan Haley dari Christine, dengan mengincar kelemahan mantan istrinya itu. 

Gara-gara menolong seorang perempuan yang mendapatkan serangan jantung di depan rumahnya, Christine kehilangan pekerjaannya. Ia memang sering terlambat datang bekerja karena harus menunggu penjaga anak-anaknya selama ia bekerja, dan jika penjaga anaknya terlambat, otomatis ia akan terlambat pergi bekerja. Setelah diperingatkan untuk tidak terlambat lagi dan masih terlambat, ia dipecat. Pada hari yang sama ia dipecat dari Patterson's, Christine mendapatkan pekerjaan sebagai pelayan Betty's Bakery & Restaurant milik Betty Grimshaw, seorang janda yang dicampakkan dan telah kehilangan anak laki-laki satu-satunya. Tak disangkanya, ia mendapatkan pekerjaan di sebuah tempat yang penuh kehangatan, empati, dan kasih sayang. Tapi ia tetap harus bekerja keras, dan memasuki masa-masa menjelang Natal, ia bekerja dua shift untuk mendapatkan tambahan uang. 

Pada umur 24 tahun, Jason Haybert kehilangan pekerjaannya karena di-PHK dari perusahaan akuntan yang melakukan perampingan. Setelah tiga bulan tidak mendapatkan pekerjaan baru, Jason menyanggupi permintaan kakeknya, Marshall Wilson, untuk bekerja di Wilson's -pusat perbelanjaan yang didirikannya dengan Linda, istrinya- selama liburan Natal. Jason boleh pergi jika mendapat pekerjaan baru. Tapi Jason tidak dipekerjakan di bagian pembukuan sebagaimana dugaannya. Marshall menempatkannya di bagian penjualan, sebagai pelayan toko, dan dituntut Marshall untuk mengetahui nama-nama pegawai Wilson's. Karena harus membayar tagihannya, Jason berusaha mematuhi apa yang disuruh kakeknya. Termasuk ketika ia diminta mencari perempuan bernama Christy yang telah menolong Judy, salah satu pegawai Wilson's, saat mendapat serangan jantung. Juga menjadi sukarelawan di Glory's Place, tempat para orangtua kurang mampu belajar beberapa keahlian dan menitipkan anak-anak selama bekerja. 

Kemunculan Jason di Betty's telah mencuri perhatian Christine. Tapi begitu mengetahui kalau pemuda itu sedang mencari Christy, Christine mencoba menyembunyikan identitasnya. Ia mengira Jason disuruh Brad untuk memata-matainya (hanya Brad yang memanggilnya Christy). Meskipun demikian, Christine tidak bisa menolak pesona yang ditebarkan Jason tanpa sengaja. 

Apakah Jason benar-benar tertarik padanya? Bisakah Jason menerima keberadaannya sebagai perempuan beranak dua? 

The Christmas Secret (Rahasia Natal) ditulis Donna VanLiere menggunakan dua sudut pandang seperti dalam novel-novel Christmas Hope Series lainnya. Sudut pandang orang pertama dari sisi Christine dan sudut pandang orang ketiga dari sudut pandang Jason dan tokoh-tokoh penting lainnya. Meskipun jelas-jelas menonjolkan Christine dan Jason (dilihat dari porsi penceritaan), novel ini bukanlah novel romansa yang menggali dalam-dalam kisah cinta mereka. Kita tidak akan menemukan kisah-kisah cinta tidak penting selama membaca novel ini. Christine dan Jason adalah dua karakter yang memancarkan kehangatan Natal tanpa mereka sadari. Kehidupan yang sulit tidak membuat Christine menahan kebaikan pada orang lain, seperti yang dilakukannya pada Tamara, perempuan yang sedang berusaha memulihkan kehidupannya yang hancur. Kebaikan semacam ini yang juga membuat Christine mampu menerima rahasia masa lalu ibunya tanpa menjadi marah dan dendam. Dituntun Marshall, tanpa disadarinya, Jason menjadi pribadi rendah hati yang mudah dekat dengan siapapun, terlebih anak-anak. Cinta mereka akan bersinar terang di bagian penutup novel. Sebagai novel yang menyodorkan keindahan musim Natal, akhir yang membahagiakan memang merupakan pilihan yang paling tepat tanpa membuat kisahnya menjadi basi.

Selain kisah Christine dan Jason, kita akan dihangatkan pula dengan kisah cinta Marshall Wilson dan istrinya, Linda. Setiap minggu Marshall akan mengirimi Linda sekeranjang bunga segar, juga pada setiap kesempatan sepanjang tahun. Bahkan untuk Linda, Marshall membelikan kalung berlian pada ulang tahun pernikahannya. Kita mungkin akan melewatkan petunjuk yang diberikan pengarang mengenai keberadaan Linda saat kisah utama sedang bergulir. Kisah di dalam novel ini akan semakin hangat oleh kehadiran Betty Grimshaw, Nyonya Meredith yang dijuluki Zach dan Haley sebagai wanita kelelawar, serta Gloria dan Miriam. Kebahagiaan menanti di ujung perjalanan mereka bersama keajaiban Natal yang tidak bisa dijelaskan. 

Satu-satunya yang kurang mungkin latar belakang Jason yang tidak disingkapkan.  Di mana orangtuanya? Bahkan, pada momen membahagiakan dalam kehidupan Jason dan Christine, orangtuanya tetap bersembunyi di balik layar. 

Seperti novel-novel Christmas Hope Series lainnya, The Christmas Secret yang merupakan novel kelima ini ditulis dengan indah, manis, penuh perasaan dan kehangatan. Sungguh sebuah kisah Natal yang layak dibaca selama musim Natal yang penuh sukacita dan damai sejahtera.

*


Christmas Hope Series:

4. The Christmas Promise
5. The Christmas Secret
6. The Christmas Journey
7. The Christmas Note



 Diikutkan dalam 2013 Christmas Reads



 

0 comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger
 

Blog Template by Blogger.com

Author: Jody Setiawan