25 November 2012

Ricochet


Judul Buku: Ricochet
Pengarang: Sandra Brown (2006)
Penerjemah; Fahmy Yamani
Tebal: 568 hlm; 11 x 18 cm
Cetakan: 2, Februari 2010
Penerbit: Gramedia  Pustaka Utama



 



Bagaimana mungkin Detektif Sersan Duncan Hatcher dari Departemen Kepolisian Savannah (Georgia) tidak merasa geram? 

Robert Savich, gembong narkoba dan dalang berbagai tindakan kriminal selalu bisa lolos dari jerat hukum. Setelah berharap akhirnya bisa memenjarakan Savich, ia kembali dibuat terperangah. Savich dibebaskan dalam persidangan kasus pembunuhan mantan kaki tangannya, Freddy Morris. Cato Laird, hakim yang memimpin persidangan, membebaskan Robert dengan alasan pengadilan atas Robert Savich tidak sah. Kegeraman Duncan kian bertambah begitu tiba di rumahnya selesai persidangan, ia menemukan lidah Freddy Morris tergeletak di dalam lemari esnya.

Pada usianya yang ke-38 tahun, Duncan masih lajang. Ia tinggal sendirian di rumah warisan neneknya dan diam-diam menyembunyikan kebiasaannya bermain piano dari orang lain, termasuk rekan detektifnya, DeeDee Bowen. Di acara malam penghargaan yang dilaksanakan pada hari yang sama dengan persidangan Robert Savich, ia melihat seorang perempuan cantik yang membuatnya terpesona dan jatuh cinta pada pandangan pertama. Dari DeeDee, ia mengetahui kalau perempuan itu bernama Elise, istri Cato Laird.

Pada malam yang sama, Elise menjadi tersangka kasus pembunuhan. Elise memergoki dan menembak Gary Ray Trotter yang menyusup ke dalam ruang kerja suaminya. Menurut Elise, ia membunuh Trotter untuk membela diri. Tapi diam-diam, Elise menemui Duncan dan mengatakan jika sebenarnya Gary Ray Trotter bermaksud membunuhnya. Trotter adalah pembunuh bayaran yang disewa Cato. Kontan Duncan merasa jengkel dan tidak percaya dengan pernyataan Elise. Apalagi ia telah menyaksikan sendiri betapa posesifnya Cato terhadap Elise. Lagi pula, Cato tidak punya motif untuk menghabisi Elise.

Dari Cato sendiri, Duncan mendapat informasi kalau Elise bukan istri yang setia. Cato telah menyewa Meyer Napoli, seorang detektif swasta, untuk mengikuti istrinya, dan menemukan fakta Elise berselingkuh dengan Coleman Greer. Informasi ini semakin membuat Duncan tidak mempercayai Elise. Sekalipun Elise membela diri dan menyatakan tidak ada perselingkuhan. Ia  hanya bersahabat dengan Greer, dan sebenarnya pemain bisbol terkenal itu seorang homoseks.

Merasa putus asa, Elise mengundang Duncan untuk bertemu secara pribadi. Ia meminta Duncan berhenti menyelidikinya dan mengalihkan penyelidikan kepada Cato. Tapi Duncan tetap tidak bisa mempercayainya, bahkan setelah mendapatkan kesempatan melakukan seks kilat dengan Elise. Hanya saja, karena telah berhubungan intim dengan tersangka kasus pembunuhan, Duncan berencana mengundurkan diri dari penyelidikan.

Rencana Duncan tidak pernah direalisasikan. Sebab beberapa saat kemudian, Meyer Napoli yang sebelumnya dinyatakan hilang ditemukan tewas. Ia berada di dalam mobil milik Cato yang dikendarai Elise saat bertemu Duncan. Elise juga menghilang, diduga terjatuh ke dalam sungai di bawah jembatan yang menjadi TKP. Pencarian jasadnya yang tidak membawa hasil  dihentikan. Tinggallah Duncan terpuruk dalam penyesalan.

Ricochet (Pantulan Gairah) karya Sandra Brown -penulis yang mengawali kariernya dengan menerbitkan novel-novel romantis- adalah novel suspense. Sandra Brown berhasil meracik unsur kriminal, persekongkolan, dan dendam kesumat ke dalam plot menegangkan yang cukup berpilin. Seiring perguliran plot, pertanyaan demi pertanyaan akan bertebaran. Benarkah Elise tidak bersalah? Apakah ia menembak Trotter hanya untuk membela diri? Apa sebenarnya rahasia yang disimpan Elise yang enggan disampaikannya kepada Duncan? Lalu, tanpa Duncan sadari, ia sedang berhadapan dengan para manusia kejam dan manipulatif yang tidak segan mempermainkan kehidupan manusia lain.

Seperti dalam novel-novel suspense Sandra Brown lainnya, unsur romantis tetap ditambahkan ke dalam novel ini. Begitu Duncan melihat Elise untuk pertama kalinya, kita sudah bisa menduga apa yang akan terjadi di antara mereka. Tinggal menunggu waktu saja, Duncan akan lepas kendali dan mendapatkan kesempatan mengeloni Elise. Elise pun sama sekali tidak menunjukkan keberatan. Penggambaran hubungan intim mereka tidak cukup gamblang, tapi tetap menggairahkan. Hubungan intim mereka yang pertama akan memunculkan pertanyaan: apakah Duncan masih memiliki kesempatan bercinta dengan Elise lagi? Masalahnya, tidak lama setelah Duncan meninggalkan Elise, perempuan itu dinyatakan hilang. 

Ricochet mau tidak mau mengingatkan pada novel Sandra Brown sebelumnya, Fat Tuesday (1997). Novel berlatar New Orleans ini berkisah tentang polisi bernama Burke Basil yang jatuh cinta kepada Remy Lambeth, istri dari seorang pengacara yang membela para pembunuh. Hanya saja, selain tema cinta terlarang itu, kisah dan plot di dalam Fat Tuesday berbeda dengan Ricochet.

Pada tahun 2011, Ricochet diadaptasi ke dalam film televisi berjudul sama yang diproduksi TNT (Turner Network Television) untuk program Mystery Movie Night. Film yang ditayangkan pada 30 November 2011 ini dibintangi John Corbett sebagai Duncan, Julie Benz sebagai Elise, Gary Cole sebagai Cato Laird, dan Kelly Overton sebagai DeeDee Bowen. 


Julie Benz (Elise) dan Gary Cole (Cato)

Kelly Overton (DeeDee) dan John Corbett (Duncan)


Catatan:
Buku ini dibeli di Gramedia Matraman November 2012 dengan diskon 40%.

2 comments:

desty said... Reply Comment

Saya baru tahu kalau sudah difilmkan :)

Jody said... Reply Comment

@Desty: film televisi, jadi publikasinya terbatas.

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger
 

Blog Template by Blogger.com

Author: Jody Setiawan