28 April 2013

Autumn Once More




Judul Buku: Autumn Once More
Editor: Tim editor GPU
Tebal: 232 halaman; 20 cm
Cetakan: 1, April 2013
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
 

 



Cinta adalah tema abadi sepanjang masa. Para penulis, editor, dan penerjemah -semuanya perempuan- menghidupkan kembali tema abadi itu dalam tiga belas cerpen yang dirangkum dalam kumpulan cerpen metropop bertajuk Autumn Once More. Kebersamaan mereka dalam satu buku bertujuan mulia, karena semua royalti buku ini akan disumbangkan ke Dana Kemanusiaan Kompas. 
 
aliaZalea mendapat kehormatan membuka kumpulan cerpen ini dengan cerpen bertajuk Be Careful What You Wish For. Cerpen ini berkisah tentang seorang gadis yang terpikat pada laki-laki bernama Gonta Prawiratama. Setelah mulai memperhatikan laki-laki yang bekerja satu perusahaan dengannya itu, sang gadis mulai menggali-gali informasi mengenainya. Tidak hanya melalui situs perusahaan dan Facebook, ia juga meng-google nama laki-laki itu. Tapi ternyata, ia tidak cukup mampu merebut perhatian Gonta. Akhirnya sang gadis yang menjadi narator cerpen ini berpikir: "Kenapa juga gue mesti jungkir balik gara-gara cowok yang pada dasarnya nggak peduli kalo gue ada?" (hlm. 17). Anehnya, ia tidak bisa melupakan Gonta sekalipun sudah bertekad membuka diri kepada laki-laki lain.   


Problematika gadis 30-an yang belum menikah dimunculkan Anastasia Aemilia dalam cerpen Thirty Something. Pada usia 30-an, Rachel belum menikah. Tidak heran kalau eyangnya memutuskan untuk mencampuri urusan asmaranya. Rachel pun dijodohkan dengan Artha dan langsung tukar cincin. Gara-gara acara perjodohan itu, Rachel telat menghadiri pesta perpisahan Erik, sahabatnya yang akan bekerja di Jepang. Padahal Erik sudah menunggunya, hendak mengungkapkan rahasia yang dipendamnya. "Meski bersahabat sekian lama, ternyata kita memang punya rahasia. Dan selama ini kita sama-sama menyembunyikannya dengan baik," kata Erik dalam kekecewaan (hlm. 35). 

Lita, karakter dalam cerpen Stuck with You garapan Christina Juzwar, membutuhkan tiga kali kerusakan lift untuk menemukan cintanya. Pada kerusakan pertama, Lita mengenal Ares sebagai laki-laki yang sinis, sedangkan Haris laki-laki yang ramah. Pada kerusakan kedua, Lita semakin dekat dengan Haris dan Ares menunjukkan perilaku suka mencampuri urusannya. Pada kerusakan ketiga, Lita bisa menyimpulkan siapa laki-laki terbaik di antara Haris dan Ares. Cerpen ini mengandalkan kerusakan lift untuk mengatalis sebuah hubungan romantis. Dan membuat kita bertanya-tanya: gedung perkantoran macam apa yang lift-nya terus-menerus mengalami kerusakan? 
 
Jack Daniel's vs Orange Juice karya Harriska Adiati berkisah tentang Dennys yang sedang bertekad menghentikan kebiasaan menenggak Jack Daniel's dan mencoba meneguk orange juice saat berlepak dengan teman-temannya. Ia sedang mengubah kebiasaan buruknya demi mendapatkan putri Pak Haji. Tapi ternyata, tidak mudah mengubah kebiasaan buruk. Sikapnya yang tidak gampang menyerah pun tidak bisa membuatnya masuk kategori cowok baik-baik di mata Pak Haji. 
 
Ditulis dengan puitis, Hetih Rusli mengangkat kisah seorang laki-laki pencinta nan obsesif dalam cerpen berjudul Tak Ada yang Mencintaimu Seperti Aku. Laki-laki itu tidak pernah terbebaskan dari mimpi buruk yang muncul semenjak menyaksikan ayahnya membunuh ibunya. Ibunya telah berkhianat dan menerima hukuman dari ayahnya. Pengalaman sang ayah telah meninggalkan pesan yang tidak bisa ditaatinya setelah lima belas tahun berlalu. "Jangan pernah percaya pada perempuan, Nak! Mereka semua pembohong! Kata-kata mereka manis tapi hati mereka beracun!" (hlm. 79). Laki-laki itu menjalin cinta dengan seorang perempuan pekerja kafe. Tapi perempuan itu merasa gerah dengan hubungan mereka dan beralih kepada laki-laki lain. Dicampakkan kekasih yang tidak mampu menahan cinta yang berlebihan dan posesifnya, ketakutan pun menyambarnya. Apakah ia akan bernasib sama dengan ayahnya?
 
Meskipun sudah berumur 28 tahun, Tanya Baskoro dalam cerpen Critical Eleven karya Ika Natassa tidak memiliki tujuan hidup. Itulah sebabnya ia sangat menyukai bandara. "Semua yang pergi ke bandara harus punya tujuan dan memang punya tujuan. Bahkan tujuan itu tercantum jelas di sebuah kertas. Boarding pass. Setiap memegang boarding pass itu, aku merasa hidupku akhirnya punya tujuan, walau tujuannya hanya berupa tiga huruf." (hlm. 86). Selain tidak punya tujuan hidup, Tanya juga tidak memiliki laki-laki spesial dalam hidupnya. Padahal, bukan tidak pernah ia bertemu dengan laki-laki menarik. Misalnya ketika ia bertemu Ale, dalam perjalanannya ke Sydney untuk menonton konser Coldplay. Bagi Tanya, bertemu seorang laki-laki sama dengan menghadapi critical eleven -istilah dalam dunia penerbangan mengenai sebelas menit paling kritis di atas pesawat, tiga menit setelah take off dan delapan menit sebelum landing. Tapi ternyata, ia belum pernah melewatkan critical eleven yang membuatnya memiliki laki-laki spesial dalam hidupnya. Cerpen ini memiliki banyak kalimat-kalimat menarik yang inspiratif, sayangnya ditulis dengan bahasa gado-gado yang sering terasa ganjil saat menggabungkan bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia. 
 
Sekali lagi kita akan bertemu Tara Dupont, sang Gadis Musim Gugur, dalam cerpen Autumn Once More karya Ilana Tan. Ilana mengembangkan kisah yang termaktub dalam sebuah foto yang dilihat Tara Dupont di bagian pamungkas Autumn in Paris (2007). Saat itu, Tara Dupont dan Tatsuya Fujisawa pergi ke Disneyland Paris, berfoto sambil makan es krim vanila dan mengenakan bando berbentuk telinga Mickey Mouse. Kisah dalam cerpen ini terjadi sebelum sebuah realita kejam terungkap dan memorakporandakan hubungan cinta mereka. 
 
Ariana Dyanasari dan Rendy Aldriansyah dalam cerpen Her Footprints on His Heart garapan Lea Agustina Citra sedang mempersiapkan pernikahan mereka. Tapi tanpa diduga, sewaktu  Rendy yang berprofesi sebagai dokter ahli penyakit dalam mengikuti simposium di Swiss, ia bertemu mantan pacar SMA-nya, Anne Rosalyna. Kemunculan Anne setelah menghilang bertahun-tahun membuat posisi Ariana sebagai calon istri Rendy terancam. Bagaimanapun, Anne-lah yang memenangkan hati Rendy pada masa remaja mereka. Bukannya berdiri tegak menghadapi musuh bebuyutannya, Ariana malah mengundurkan diri dari kompetisi. Tapi apakah masih ada jejak Anne di hati Rendy? Sering kali, perasaan perempuan memang sulit diselami laki-laki.
 
Love is a Verb, judul lagu John Mayer, dijadikan judul cerpen oleh Meilia Kusumadewi. Di dalam cerpen ini, kita akan bertemu Timal, yang merasa disepelekan kekasihnya untuk alasan-alasan tidak penting. Rangga, kekasihnya, tidak pernah merespons koleksi fotonya di Instagram dan statusnya di Facebook. Saking kesalnya, ia pun memutuskan hubungan mereka. Padahal, cowok berbeda dengan cewek. They show you their love, we say it out loud, kata Mira, temannya (hlm. 158). 
 
Bulu mata ternyata bisa membuat perbedaan. Inilah yang tergambar dalam cerpen kocak karya Nina Addison yang diberi judul Perkara Bulu Mata. Sebelum memperhatikan dengan saksama bulu mata Jojo, Vira tidak punya perasaan apa-apa terhadap sahabatnya itu. Tapi setelah cintanya ditolak Tom dan terlibat perbincangan dari hati ke hati, Vira baru menyadari kalau Jojo memiliki bulu mata yang panjang dan lebat. Tanpa bisa dicegah, Vira pun naksir Jojo. Sayangnya, perasaan Vira tidak ditanggapi positif oleh Jojo. Bagaimanapun, Vira adalah bagian dari lingkaran persahabatan Jojo sebagaimana Albert dan Lilian. Setelah menimpa Vira, perkara bulu mata itu ternyata akan menimpa salah satu dari ketiga sahabat Vira. Bulu mata lentik memang sering terlambat disadari pesonanya. Haha. 
 
Setelah kematian ayahnya, hubungan Mita dengan ibunya semakin merenggang. Ia tidak pernah lagi menginap di rumah ibunya dan enggan berada di sana tatkala ibunya berulang tahun. Seumur-umur, Mita memang tidak pernah akur dengan ibunya sehingga dengan mudah ia akan menyalak marah pada perempuan yang melahirkannya itu. Bagi Mita, ibunya tidak bisa memahami pekerjaannya sebagai pemimpin redaksi di sebuah perusahaan media, lantaran ibunya tidak pernah kerja kantoran. Ketika Rani, kakak Mita yang dekat dengan ibunya, tidak bisa berada di rumah untuk merayakan ulang tahun ibu mereka, Mita terpaksa pulang ke rumah. Tanpa Mita duga, ibunya menyimpan rahasia yang tidak pernah diketahui kedua anak perempuannya. Rahasia seorang ibu yang lebih mementingkan anak-anaknya ketimbang dirinya sendiri. The Unexpected Surprise karya Nina Andiana bukanlah kisah cinta sepasang insan berbeda gender. Tapi kisah cinta seorang ibu kepada anak-anaknya yang cukup mengharukan.  
 
"Senja itu persis seperti yang disukai perempuan itu, dengan langit berawan tebal yang tersayat-sayat, menyemburkan dari balik lukanya, warna merah yang melebihi merahnya darah, melebihi kentalnya getir, melebihi geloranya cinta. Senja itu dilengkapi kepingan matahari merah berbentuk hati yang tepiannya bergerigi, tidak megah dan pongah. Hanya matahari kebanyakan yang membiarkan langit memilih mengenakan selimut kelabunya dan tak memaksa menyeruakkan warna-warna ke atasnya. Senja itu adalah kami. Aku sang langit, dia matahari. Begitu perempuan itu pernah berkata dulu," kata laki-laki yang menjadi narator  cerpen Senja yang Sempurna yang ditulis dengan puitis dan indah oleh Rosi L. Simamora. Senja itu dipesannya khusus buat perempuan yang cintanya pernah ia tolak oleh alasan-alasannya yang egois. Setelah perempuan itu meninggalkannya sambil menerobos hujan, ia menyadari jika sebenarnya ia juga mencintai perempuan itu. Membutuhkan waktu setahun baginya mengumpul keberanian untuk berjumpa kembali dan mempersembahkan senja yang disukai sang perempuan. Ia tidak pernah tahu, setelah menerobos hujan, di ujungnya, perempuan itu telah menemukan sebentuk pelangi.  
 
Shandy Tan menutup kumpulan cerpen ini dengan cerpen Cinta 2 x 24 Jam. Identitas narator cerpen ini disimpan dan baru diungkapkan pada bagian akhir, meskipun kita sudah bisa menduganya seiring bergulirnya cerita. Adalah Lingga yang menggantikan posisi ayahnya di perusahaan pakan ternak berkualitas internasional. Ia seorang laki-laki tampan yang menebarkan pesona kepada para pekerja perempuan di perusahaan itu tanpa berbuat apa-apa. Lingga berperawakan jangkung dan atletis, jauh lebih cakep dari Lee Min Ho. Ia juga perhatian kepada ibunya yang sedang sakit dan bersikap sopan kepada pekerja perempuan. Tidak ada yang tahu kalau Lingga sudah bukan jomblo lagi. Nah, siapa yang telah berhasil mendapatkan hati Lingga? Sebuah kejutan akan dibeberkan sang narator, sebelum ia dicampakkan sehabis episode jatuh cinta selama dua kali dua puluh empat jam. 
 
Autumn Once More, kumpulan cerpen metropop, menghadirkan berbagai gaya berkisah dari tiga belas pengarang. Ada yang memilih menghidupkan kisahnya dengan kocak dan meriah, ada pula yang tenang dan serius. Semuanya membuat kumpulan cerpen ini terasa kaya. Meskipun cerpen Tak Ada yang Mencintaimu Seperti Aku karya Hetih Rusli dan Senja yang Sempurna karya Rosi L. Simamora boleh dibilang terlalu serius untuk dimasukkan dalam kumpulan cerpen metropop ini. 


Harus diakui pula, semua kisah yang diangkat dalam kumpulan cerpen ini hanya merupakan repetisi dari kisah yang sudah pernah ditulis. Tapi begitulah cinta, selalu berulang dengan cara yang sama, mengunjungi orang-orang yang berbeda. Cinta telah menjadi tema abadi, semenjak diciptakan, saat Adam melihat Hawa untuk pertama kalinya.

3 comments:

Peri Hutan said... Reply Comment

wishlist wishlist, nggak sabar baca :D

Jody said... Reply Comment

ayo dong dibaca, paling gak menyumbang untuk dana kemanusiaan Kompas :)

Nindy Eliza said... Reply Comment

Ga sabar buat baca yang "Senja Yang Sempurna"

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger
 

Blog Template by Blogger.com

Author: Jody Setiawan