16 March 2012

Sunshine Becomes You


Judul: Sunshine Becomes You
Pengarang: Ilana Tan
Tebal: 432 hlm; 20 cm

Cetakan: 1, Januari 2012
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama


 
 

Cinta telah menjadi sandaran banyak pengarang dalam melahirkan novel-novelnya. Cinta, sekali lagi, memang tidak ada matinya. Bagaimana mau mati kalau Penerbit Gramedia memunculkan salah satu genre fiksi baru yang disebut metropop? Semua novel-novel metropop berputar-putar dalam pusaran yang sama, cinta, cinta, dan cinta. Ilana Tan adalah salah satu pengarang yang novel-novelnya dicemplungkan dalam genre metropop, dan ia sukses. Ia telah menghasilkan empat novel yang disebut-sebut sebagai tetralogi 4 Musim. Sunshine Become You adalah novel metropop Ilana yang kelima.

Mengambil latar belakang New York, Ilana melarung kedua karakter utama novelnya. Karena di sini yang ada cinta heteroseksual, tentu saja karakternya pria dan wanita. Si pria bernama Alex Hirano, dari namanya ketahuan ia memiliki tetesan darah Jepang dalam tubuhnya yang menjulang. Ia seorang pianis terkenal. Si wanita bernama Mia Clark, seorang penari yang memiliki kemampuan meracik kopi yang memabukkan para pria.

Di awal pertemuan mereka yang tidak sengaja dan menimbulkan musibah, Alex menobatkan Mia sebagai malaikat kegelapan. Gara-gara Mia, tangan Alex terkilir dan harus membatalkan sejumlah konser. Sebagai kompensasinya, Mia diminta untuk menjadi pesuruh di apartemen Alex.

Sudah dapat ditebak kan apa yang terjadi? Alex tidak bisa menangkis pesona kopi racikan Mia, terlebih lagi, lama kelamaan ia tidak mampu menolak keberadaan Mia dalam hidupnya. Mia sebenarnya merasakan hal yang sama tapi tak kuasa menjawab pernyataan cinta Alex yang datang kemudian. Karena Mia mempunyai kendala untuk mengikatkan diri dengan laki-laki. Kendala yang sama yang telah membuat Mia meninggalkan kariernya dalam dunia tari professional dan bekerja sebagai guru tari.

Seiring dengan perguliran plot, kita bisa menduga-duga jalan yang dipilih Ilana untuk mengakhiri novelnya. Ilana mengambil jalan yang dipilih Erich Segal dalam novelnya yang bertajuk Love Story. Atau dalam banyak novel lain yang ditulis banyak pengarang di seluruh muka bumi ini, sebab cerita di sini sama sekali bukanlah hal yang baru. Ilana hanya menciptakan karakterisasi, jalan cerita, dan konflik yang berbeda.

Di penghujung novel barisan kalimat yang disematkan di sampul depan novel akan bergema. “Walaupun tidak ada hal lain di dunia ini yang bisa kaupercayai, percayalah bahwa aku mencintaimu. Sepenuh hatiku.” Ucapan yang membuka jalan pada penerimaan kedua karakter novel terhadap kenyataan hidup yang menghampiri mereka. Manis. Sendu.

Sunshine Become You adalah novel yang ditulis dengan bahasa sederhana dan tanpa berbunga-bunga seperti karya metropop lainnya. Metropop memang hanya memberikan kudapan lezat bagi pembaca, dan sering tidak makanan bergizi. Tapi saya suka dengan bahasa yang digunakan Ilana. Meskipun menggelontorkan cerita yang terjadi di New York, ia tidak secara semena-semena menghambur-hamburkan bahasa Inggris di dalamnya untuk menciptakan kesan mentereng. Kesederhanaan inilah yang telah begitu banyak direnggut dari banyak fiksi metropop.

Untuk mengalirkan ceritanya, Ilana menggunakan perspektif orang ketiga. Berkali-kali dan dengan lancar, ia mengganti-ganti sudut pandang sehingga pembaca tidak hanya terpaku pada satu karakter. Ilana pun menunjukkan kebolehan mengelola cerita sehingga menggantung ceritanya di setiap akhir bab. Teknik ini punya pengaruh yang sangat signifikan terhadap laju baca dari pembaca, karena pembaca akan kian terdorong untuk segera menikmati bab berikutnya. Dengan kata lain, Ilana sukses mengikat pembaca.

Pemilihan New York sebagai seting menampilkan citra kosmopolit. Sayangnya Ilana tidak melakukan eksplorasi lebih dalam. Kesan yang muncul, para karakter yang tidak ada orang Indonesianya ini seolah-olah sekadar ditempatkan di sana tapi berjarak dengan kota tempat tinggal mereka. Banyak lanskap dan panorama New York yang bisa dimasukkan Ilana dalam novel ini untuk menebalkan kepercayaan pembaca terhadap novelnya. Bahwa, ya, kisah cinta Alex Hirano dan Mia Clark memang terjadi di New York.

Tentu saja, Sunshine Become You bukanlah novel yang gagal. Maka kehadirannya, tidak mungkin akan ditolak oleh para penggemar cerita-cerita romantis.

0 comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger
 

Blog Template by Blogger.com

Author: Jody Setiawan