12 February 2012

The Tenth Circle


Judul Buku: The Tenth Circle
Penulis: Jodi Picoult (2006)
Penerjemah: Ingrid Dwijani Nimpoeno
Tebal: 504 hlm; 20 cm
Cetakan: 1, Desember 2008
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama






Dante Alighieri menciptakan sembilan lingkaran neraka pada bagian  Inferno dalam puisi epiknya, Divine Comedy (Divina Commedia). Dikisahkan Virgil -penyair Roma, menuntun Dante melewati sembilan lingkaran neraka itu. Di sana Dante menyaksikan kehidupan abadi dari para pendosa. Berturut-turut mengisi kesembilan lingkaran itu adalah orang-orang yang tidak beriman; pezina; rakus; tamak dan durhaka; pemarah; sesat; pelaku bunuh diri; curang dan culas; dan pengkhianat.

"Seharusnya ada lingkaran kesepuluh, tempat mungil seukuran kepala peniti, dengan ruang untuk jumlah orang yang tak terbatas." (hlm. 362). Begitulah yang terlintas di benak Laura Stone, profesor yang mengajarkan tentang Dante di Monroe College, Bethel (Maine). Ia dikenal sebagai pakar Dante Alieghiere dan tergila-gila pada cantiche pertama, Inferno. Ikhwal lingkaran kesepuluh itu terlintas bukan tanpa alasan. Laura merasa, ia memang layak berada dalam lingkaran yang menurutnya dilupakan Dante. Seorang perempuan berpendidikan tinggi yang berpura-pura steril masalah menjadi istri Daniel Stone dan kekasih Seth Dummerston -mahasiswanya. Sampai suatu malam, setelah membohongi Daniel, ia menghabiskan waktu di ranjang Seth. Sialnya, ia tidak berada di rumah manakala Beatrice Stone alias Trixie, putri semata wayangnya, dibawa Daniel ke rumah sakit, setelah mengaku diperkosa Jason Underhill, teman satu sekolah.

Tidak hanya Laura yang pantas menghuni lingkaran kesepuluh neraka. Trixie, sebagaimana ibunya, adalah seorang pembohong. Pada peringatan 3 bulan asmara mereka, Jason mencampakkan Trixie demi cewek lain. Jason memang seorang cowok idola, pelukannya menjadi magnet bagi kalangan cewek SMA Bethel. Trixie tentu saja tidak terima. Pada usianya yang ke-14 saat ini, ia sudah kehilangan selaput dara. Bukan baru sekali Jason menidurinya. Karenanya, malam itu, dalam pesta seks yang dilakukan anak-anak SMA (dengan aktivitas seks yang tidak terbayangkan), Trixie berniat merebut Jason kembali.

Bagi Jason, pesta malam itu, berakhir dengan petaka. Ia menjadi tertuduh pemerkosa Trixie. Celaka bagi Jason, pada pemeriksaan yang dilakukan, ditemukan Trixie telah dicekoki ketamine. Obat nonbarbiturat ini kerap salah digunakan sebagai perangsang seks oleh anak-anak muda. Tak pelak lagi, Jason harus diadili sebagai pria dewasa.

Kehancuran masa depan Jason yang gemilang sebagai seorang pemain hoki tampan sama sekali tidak menggugah hati Daniel Stone yang dirundung kemarahan. Peristiwa yang dialami putrinya telah memprovokasinya, membuat amarah yang sekian tahun dibenamkan dari hidupnya mengambang ke permukaan. Amarah yang berubah kekhawatiran ketika kasus pemerkosaan Trixie berubah menjadi kasus pembunuhan. Keluarga Stone terpuruk menjadi tersangka! Daniel pun dipaksa kembali ke masa lalu, ke Bethel lain yang telah ia tinggalkan. Di sana, ia harus menghadapi masa lalu dan mencoba menyelamatkan keluarganya. 

The Tenth Circle (Lingkaran Kesepuluh) merupakan novel kelima Jodi Picoult yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. Sebelumnya telah terbit Salem Falls, Plain Truth, My Sister's Keeper, dan Vanishing Acts. Novel yang edisi Inggrisnya terbit pertama kali Maret 2006 ini telah difilmkan (film TV) oleh Sony Pictures Television (2008). Seperti minatnya, penulis yang menulis cerita pertamanya pada usia 5 tahun dengan judul "The Lobster Which Misunderstood" ini masih mengandalkan problematika keluarga Amerika. Kali ini ia mendedahkan kehidupan sebuah keluarga yang anggotanya sibuk sendiri dalam kepompong ketidakterbukaan dengan kecenderungan membohongi diri sendiri dan orang lain. Pergumulan pikiran masing-masing dikonsumsi sendiri sehingga tidak sensitif merespons isyarat petaka. Begitu masalah datang, mereka tidak siap menghadapinya dan cenderung memilih jalan yang termudah, bukan yang terbaik. Picoult mengingatkan pembaca bahwa keterbukaan dalam keluarga sangat penting, menjadi modal bagi keutuhan keluarga. 

Tidak hanya mengikuti masalah keluarga, membaca novel ini akan mengundang pembaca untuk bertanya-tanya seputar pembunuhan yang terjadi; mengapa pembunuhan ini bisa terjadi dan siapa sosok kriminalnya. Setelah mengikuti narasi Picoult yang bersolek panjang lebar, dalam penuturan beralur kilas balik, pembaca akan mendapatkan jawaban yang mungkin sebenarnya sudah berkeliaran di benak.

Sejatinya, The Tenth Circle tidaklah sangat istimewa. Cerita yang ditawarkan penulis kelahiran 19 Mei 1966 ini bukanlah sesuatu yang sangat baru. Namun harus diakui, ide Lingkaran Kesepuluh yang lahir dari Divine Comedy cukup mengesankan. Para pakar Dante mungkin tidak pernah terpikir mengusulkan lingkaran baru dalam Lingkaran Neraka Dante. Picoult melakukannya, dan, dengan brilian. Untuk memperkaya ide Lingkaran Kesepuluh ini, Picoult berkolaborasi dengan Dustin Weaver, seniman komik yang pernah terlibat pembuatan komik Star Wars dan King Kong. Penambahan komik di antara halaman-halaman novel tidak hanya membuat novel ini unik dan tampil beda, tetapi juga membuat pembaca lebih memahami maksud sang novelis. 
 
Tentu saja komik karya Weaver tidak dijejalkan begitu saja. Salah satu karakter novel yaitu Daniel Stone, adalah seorang komikus. Ketika cerita novel bergulir, ia sedang menuntaskan novel grafis berjudul The Tenth Circle. Keluarganya menjadi sumber inspirasi Daniel. Oleh karena itu, kisah dalam novel maupun komik merupakan kisah keluarga Daniel yang sebenarnya. Sayangnya, ide Lingkaran Kesepuluh yang digunakan Daniel dalam novel grafisnya akan menimbulkan pertanyaan. Daniel memang tahu minat dan spesialisasi istrinya, tapi sudah pasti ia tidak tahu ide Lingkaran Kesepuluh yang hinggap di benak istrinya.

Sebelum menikah, Laura telah mengenal Daniel sebagai seniman komik. Pada pertemuan pertama mereka, Daniel membuat sketsa wajah Laura. Pada sketsa itu, Daniel mengimbuhkan pesan tersembunyi, sebuah ajakan kepada Laura untuk bertemu kembali. Dalam komik yang mengisi novel ini, terdapat 86 huruf yang menjadi pesan tersembunyi Picoult untuk ditemukan dan dirangkai pembaca. Jika berhasil, semua huruf itu akan membentuk kutipan yang meringkas tema novel dan nama pengarang kutipan itu. Anda bisa mengetahui benar tidaknya jawaban Anda dengan bertandang di situs sang novelis.

0 comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger
 

Blog Template by Blogger.com

Author: Jody Setiawan