09 February 2012

Ocean Sea


Judul : Ocean Sea
Judul Asli : Oceano Mare
Penulis : Alessandro Baricco
Penerjemah : Nadiah Alwi
Tebal : 436 hlm ; 11 X 18 cm

Cetakan: 1, September 2006
Penerbit : Dastan Books




Alessandro Baricco adalah salah satu nama yang berkibar di jagat sastra Italia dan Prancis. Lelaki kelahiran Turin, Italia, 25 Januari 1958, yang dikenal sebagai penulis, sutradara dan seorang performer ini telah mendapatkan penghargaan sastra seperti Selezione Campiello, Viareggio, dan Palazzo al Bosco dari Italia dan Prix Medicis Estranger dari Prancis. Lelaki yang juga kritikus musik ini memulai kreativitasnya sebagai novelis lewat novel berjudul Castelli di Rabia (Land of Glass, 1991). Selanjutnya dari talenta literernya lahir Oceano Mare (Ocean Sea, 1993), Seta (Silk, 1996), City (1999), Senza Sangue (Without Blood, 2002), dan Questa Storia (This Story, 2005). Monolognya, Novecento: Pianist (1994) telah difilmkan oleh Giuseppe Tornatore dengan judul La leggenda del pianista sull'oceano pada tahun 1998. Novel yang melambungkan namanya, Silk, telah difilmkan oleh New Line Cinema, disutradarai Francois Girard dengan pemeran utama Michael Pitt dan Keira Knightley dan akan beredar tahun 2007 ini.

Dalam novelnya, Alessandro Baricco memiliki gaya tersendiri. Dengan basis filsafat dan musik yang ia miliki, tak pelak, novelnya hadir bak asimilasi antara filsafat dan musik dalam komposisi yang genial, tetapi rumit. Sehingga, mungkin, tidak dapat diresepsi oleh semua kalangan.

Ocean Sea adalah sebuah bukti. Novel ini menjangkau jauh ke relung-relung filsafat dan mencuat sebagai karya bernuansa musikal dengan intensitas improvisasi yang tinggi. Nada-nadanya tidak datar, tetapi meliuk-liuk penuh gairah, hadir sebagai campuran antara prosa, puisi, monolog, surat, bahkan potongan teks drama. Hal inilah yang menjadi kekuatan kreativitas literer seorang Alessandro Baricco. Bahasanya indah, kaya raya, dan gurih. Satu frase akan mencetuskan frase lain, satu klausa akan memicu klausa lain, satu kalimat akan melahirkan kalimat yang lain, susul menyusul bagaikan mengalami efek domino. 
 
Ocean Sea, sebuah tamasya literer yang elok, adalah sebuah novel yang mendedahkan kehidupan manusia. Ada 3 jenis kehidupan manusia seperti yang dikatakan seorang pelaut tua melalui narasi seorang lelaki bernama Thomas. Pertama, mereka yang hidup di depan laut --mereka yang memandang kebenaran sebagai ketenangan, rahim, ringan, rasa belas kasihan, dan keindahan. Kedua, mereka yang menjelajahi laut, tempat sesuatu yang nyata di dunia berada. Di sini kebenaran yang sesungguhnya mengangakan mulutnya, membangun sarang; lokasi burung elang pemangsa terbang dengan gagah dan bengis. Sangat jauh berbeda dari pandangan manusia jenis pertama. Ketiga, mereka yang kembali dari laut dalam keadaan hidup. Mereka yang telah melihat kebenaran yang sesungguhnya, selamat dari pertarungan, menjadi bijaksana, tetapi sebagai veteran laut, mereka akan senantiasa memikul rasa takut, dan terutama rasa sedih dalam kehidupan selanjutnya.

Berdasarkan 3 jenis manusia inilah, Baricco membagi novelnya dalam 3 bagian. Bagian pertama, Penginapan Almayer ; bagian kedua, Rahim Laut; bagian ketiga Nyanyian Mereka yang Kembali. Ketiga bagian novel ini menjabarkan 2 buah kisah yang dipertautkan secara tidak biasa.

Pertama, kisah kehidupan manusia yang bisa diidentikkan dengan perjalanan manusia mengenal, menjelajah, dan meninggalkan laut, yakni kehidupan manusia yang sebenarnya. Kedua, kisah kehidupan manusia yang benar-benar mengenal laut, kemudian menjelajahinya dan kembali dalam keadaan hidup. Anehnya --atau uniknya-- kedua kisah ini dipertautkan melalui salah satu tokoh.

Kisah pertama mendedahkan kehidupan 5 manusia dalam mencari jawaban permasalahan hidup yang mereka alami. Mereka bertemu di sebuah penginapan tepi pantai di Quartel, yakni Penginapan Almayer yang --anehnya-- dikelola oleh 5 anak kecil; Dira, Dood, Ditz, Dol, dan seorang gadis kecil cantik tanpa nama.

Mereka adalah:
  1. Plasson, seorang pelukis wajah terkenal. Ia meninggalkan pekerjaannya, menjual hartanya dan pergi ke Almayer untuk melukis laut. Karena terbiasa melukis wajah dan selalu diawali dari bagian mata, ia harus menemukan "mata" laut terlebih dahulu untuk bisa melukis laut. Setelah mata laut ditemukan, yakni kapal-kapal, Plasson bisa melukis laut yang hasilnya didominasi warna putih. Sama sekali putih, sama sekali putih, sama sekali putih, adalah deskripsi utama lukisan laut karya Plasson.
  2. Ismael Adalante Ismael Prof Bartleboom, seorang profesor. Ia sedang dalam proses penyelesaian ensiklopedia yang berjudul "Ensiklopedia Batas yang Ditemukan pada Alam bersama Lampiran yang didedikasikan bagi Batas Panca Indera Manusia". Setelah menulis 872 entri, ia akan menambahkan entri tentang laut. Oleh sebab itu, ia pergi ke Almayer untuk mencari batas laut. Selain itu, Bartleboom juga menulis ratusan surat cinta yang disimpannya dalam sebuah kotak mahoni untuk kekasih yang belum ada.
  3. Ann Deveria, istri walikota Charbonne. Ia tumbuh bersama seorang ayah pembunuh yang membenci dengan matanya. Oleh karena itu Ann mencari suami yang bermata teduh. Tetapi ketika seorang asing datang dan tinggal di kotanya, ia jatuh cinta lagi. Rupanya pria itu bermata teduh --atau bermata sedih tepatnya (ada alasan saya mengatakan demikian). Ann dikirim suaminya ke Almayer untuk menyembuhkan penyakit suka berzinanya.
  4. Elisewin, gadis remaja, putri bangsawan Carewell. Ia mengidap penyakit misterius, dan atas anjuran dokter, ia pergi ke Daschenbach untuk mandi ombak guna memulihkan penyakitnya. Dalam perjalanan ke Daschenbach, ia singgah di Almayer.
  5. Bapa Pluche, seorang pastur. Bapa Pluche telah merawat Elisewein sejak anak-anak dan ialah yang mendampingi gadis itu pergi ke Daschenbach. Sebagai pastur, Bapa Pluche telah menulis sebanyak 9502 doa permohonan. Salah satu doanya berjudul "Doa untuk Dokter yang Menyelamatkan seorang Cacat dalam Sekejap sehingga Ia Dapat Berdiri, Sembuh, dan Sang Dokter Merasa Sangat Lelah".

Di bagian pertama novel mereka bertemu di Almayer, membangun interaksi satu sama lain dengan kadar tertentu. Di sini kelima insan ini menemukan "rahim laut" kehidupan mereka sendiri. Ada yang tertinggal di sana, ada yang kembali dalam keadaan hidup, dan ada yang mati. Plasson tidak meninggalkan Quartel. Ia meninggal karena pneumonia akibat sering melukis sampai basah kuyup di laut. Bartleboom meninggalkan Almayer, tetapi ia tidak menemukan apa yang ia damba dalam hidup. Elisewin menemukan pemulihan penyakitnya dalam 'gelora laut' seorang lelaki asing yang datang ke Almayer, seorang mantan pelaut berwajah sedih. Elisewin meninggalkan Almayer dengan optimis. Bapa Pluche kembali ke Carewell setelah hatinya sempat terbelah empat. Sebetulnya ia ingin kembali ke penginapan Almayer, tetapi pertanda yang ia minta dari Tuhan terjadi di jalan Quartel. Ia tidak bisa mengambil koper yang sengaja ia tinggalkan di sana karena terjadi longsor di Quartel yang akhirnya menyebabkan Almayer hilang selamanya. Ann Deveria lah sosok yang menautkan 2 kisah novel ini. Dalam dirinya 2 perjalanan bertemu. Perjalanan ke dalam laut kehidupan dan perjalanan dalam laut yang sebenarnya, yaitu perjalanan yang berawal dari peristiwa yang terjadi di perairan Afrika.

Dalam sebuah ekspedisi menemukan koloni baru, kapal Alliance karam di pesisir Senegal. Setiap penumpang berupaya menyelamatkan diri sendiri. Sebuah rakit tercerai dari sekoci penyelamat, memicu pertarungan hidup dan mati di atas hamparan laut. Seorang lelaki bernama Thomas selamat dari pertarungan tersebut. Tetapi Therese, kekasihnya, tewas dibunuh. Kisah Thomas digelar dalam bagian kedua novel berbarengan dengan kisah Savigny, seorang dokter, yang adalah pembunuh Therese. Thomas melarikan diri dari rumah sakit, membawa pisau yang akan menuntaskan dendamnya. Perjalanan Thomas yang panjang menuntunnya ke Almayer. Satu-satunya yang Thomas kehendaki adalah posisi seri dalam kehidupannya dan kehidupan target dendamnya.

Kedua cerita disatukan pada bagian ketiga novel yang mengejutkan. Tetapi sebelum novel berakhir, menjelaskan pertanda yang Bapa Pluche dapatkan sesuai doa permohonannya dan nasib penginapan Almayer, pria tua penghuni kamar ketujuh yang menghabiskan waktu dalam kamar mengucapkan kata laut, untuk pertama kalinya menampakkan dirinya di pantai. Siapa laki-laki ini? Tidak jelas. Tetapi bisa jadi penulis novel ini, yaitu Alessandro Baricco sendiri. Atau, kita, sebagai pembaca novel. Makanya begitu laki-laki itu pergi -- bagaikan penulis/pembaca yang selesai menulis/membaca novel, Almayer pun menghilang pada lembaran terakhir novel.

Ocean Sea yang menggunakan latar zaman bangsa Eropa mencari wilayah jajahan ini memang hadir sebagai sebuah karya yang aneh. Aneh, tetapi sekaligus cantik, memukau. Ia menari-nari dalam gerak filosofi, hadir realistis dengan kisah cinta dan pembalasan dendam, tetapi juga memberikan sentuhan magis dalam aura dongeng yang tidak dapat dijelaskan. Siapa sesungguhnya 5 anak pengelola Penginapan Almayer? Siapa pula tepatnya lelaki penghuni kamar ketujuh? Oleh karena itu kita mungkin akan sepakat ungkapan yang menyatakan bahwa Ocean Sea adalah, "Dongeng bagi orang dewasa yang paham bahwa sejumlah rahasia tak akan pernah terungkap..." (Booklist).

Tidak semua pengarang bisa menghasilkan karya seperti Ocean Sea. Bukan sekedar karena setiap pengarang memiliki gayanya masing-masing.  Tetapi tidak semua pengarang bisa menghadirkan novel bak komposisi musik yang rumit sekaligus indah. Makanya, Ocean Sea dapat dikatakan sebagai sebuah tour de force seorang Alessandro Baricco, produk talenta dan imajinasi yang tidak biasa.

Ocean Sea yang diterbitkan oleh Dastan Books ini diterjemahkan langsung dari buku aslinya yang ditulis dalam bahasa Italia, Oceano Mare, oleh Nadiah Alwi.  Hasil terjemahannya terkesan sangat apik dan agaknya mengikuti 'gelora' seperti yang dikehendaki Alessandro Baricco. Kabarnya sebelum bisa diterbitkan dalam edisi Indonesia secara resmi, naskah hasil terjemahan Nadiah Alwi harus melewati review pihak Alessandro Baricco terlebih dahulu. Tidak jelas apakah pihak Baricco bisa memahami bahasa Indonesia, tetapi langkah itu harus ditempuh supaya Ocean Sea bisa dihadirkan di dunia buku Indonesia. Dan rasanya sayang sekali jika kita luput menikmati sajian sastra seindah novel ini.




1 comments:

zendra6 said... Reply Comment

review sangat menarik :D

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger
 

Blog Template by Blogger.com

Author: Jody Setiawan